291-Pendeta-HKBP-Penuhi-Syarat-Jadi-Calon-EphorusPada hari ketiga penyelenggaraan sinode godang HKBP, atau 1 hari jelang pemilihan pimpinan tertinggi gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang baru, banyak peserta sinode yang memiliki hak pilih (sinodestan), khususnya para tim sukses calon tidak mengikuti rangkaian acara sinode godang malah sibuk kasak kusuk, sibuk cari dukungan suara.

Akibat ulah banyaknya tim sukses calon yang kerap tak mengikuti
sinode karena sibuk lobi-lobi dukungan tersebut, agenda acara Laporan Pertanggungjawaban Ephorus demisioner harus ditunda hingga Rabu (14/9) malam karena tidak memenuhi qurom (jumlah syarat sidang).

Pantauan warningtime.com di lapangan, tampak sejumlah pendeta yang menjadi tim sukses calon sibuk ngorol dengan sinodestan lainnya mempromosikan jagoannya. Mereka bahkan menggelar rapat kecil tim untuk meramu strategi mendekati sinodestan pada saat acara sidang sinode berlangsung.

“Saya mohon kepada peserta sinode untuk masuk ke ruang sidang untuk mengikuti acara. Kita sudah tua, malu, harus memberi contoh, jangan sibuk melobi-lobi dukungan, mohon kesadarannya,” kata panitia penyelenggara melalui pengeras suara di gedung auditorium Seminary Sipaholon, Rabu (14/9).

Setelah menunggu lama usai coffe break, akhirnya sidang sinode dilanjutkan. Namun sungguh ironis, sidang baru berlangsung sekitar 10 menit, sinodestan kembali keluar ruangan. Di antara mereka ada yang asik duduk-duduk membentuk kelompok kecil di pendopo, taman dan warung-warung tenda. Bahkan ada yang asyik bermain catur sambil sosialisasi.

“Tampaknya sinode godang bagi mereka yang penting hanya pemilihan ephorus, sekjend dan pimpinan lainnya. Ya mungkin mereka takut calonnya kalah karena itu berarti masa depan mereka (penempatan tugas dan jabatan) terancam,” kata seorang panitia yang tak mau namanya disebut kepada warningtime.com, Rabu (14/9) sore.

Tampak seorang tim sukses mengejar sinodestan yang keluar ruangan sidang hendak ke toilet dikejar oleh sinodestan lainnya yang disinyalir sebagai tim lobi calon ephorus. Saat berhasil menghampiri, pria paruh baya tersebut menyapa ramah lalu terjadi obrolan akrab yang berujung menawarkan calon jagoannya.

“Kau kan teman sekelasku sewaktu sekolah pendeta dulu, masih ingat kan…., DLT lah pilih ya,” katanya dalam bahasa daerah.

Ada istilah atau kode untuk menunjukan si calon ephorus HKBP yang beredar di lokasi sinode. Diantaranya yakni; RBB, DLT, DFS, MMT dan SS

Diketahui, pada esok harinya, Kamis (15/9), akan dilangsungkan pemilihan Ephorus dan Sekjend HKBP yang baru periode 2016-2020. Diperkirakan, suasana sinode godang akan semakin memanas.

Komentar Facebook
http://warningtime.com/wp-content/uploads/2016/09/291-Pendeta-HKBP-Penuhi-Syarat-Jadi-Calon-Ephorus.jpghttp://warningtime.com/wp-content/uploads/2016/09/291-Pendeta-HKBP-Penuhi-Syarat-Jadi-Calon-Ephorus-150x150.jpgadminwarningtimeHomePada hari ketiga penyelenggaraan sinode godang HKBP, atau 1 hari jelang pemilihan pimpinan tertinggi gereja Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang baru, banyak peserta sinode yang memiliki hak pilih (sinodestan), khususnya para tim sukses calon tidak mengikuti rangkaian acara sinode godang malah sibuk kasak kusuk, sibuk cari dukungan suara. Akibat...Mengungkap Kebenaran