lukman6Menteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa tidak ada satupun agama menjadi sumber konflik. Hal itu disampaikan pada pembukaan Sidang Majelis Pekerja (MPL) PGI di Balairung UKSW Salatiga, Jumat (27/1/). Karena itu Lukman mengajak pimpinan gereja yang hadir dalam sidang MPL PGO untuk mengedepankan kembali substansi agama itu sendiri.

“Kita majemuk dan heterogen, agama tidak ada satupun menjadi sumber konflik. Agama mulia dan memuliakan manusia dan memanusiakan manusia itu sendiri. Agama hanya dijadikan justifikasi, legitimasi atau memobilisasi dukungan, untuk kepentingan politik, ekonomi, sosial dan lainnya. Ini pada akhir berimbas jadi konflik,” tegasnya.

Lukman juga menyoroti persoalan bangsa dewasa ini mengenai ketahanan nasional. Itu terkait dengan ketahanan budaya yang tergerus kemajuan zaman terutama kemajuan media sosial yang mempengaruhi tidak aja kalangan atas tapi juga kalangan bawah. Disampaikannya bahwa pengaruh asing menjadikan pemahaman agama kemudian menjadi banyak varian.  Ini kalau disikapi dengan tidak baik bisa menjadi problem serius. Lukman mencontohkan peristiwa di Timur Tengah yang porak poranda karena juga terpengaruh sosial media.

“Saya mengajak semua anak bangsa agar menjaga kemajemukan, tidak menebarkan berita hoax yang bisa menimbulkan kesalahpahaman yang bisa menimbulkan konflk,” imbau Lukman.

Pada kesempatan itu, Lukman Hakim Saifuddin juga berterimakasih kepada tujuh gereja menjadi tuan rumah dan juga rektor UKSW yang telah menampilkan kesenian daerah dalam pembukaan Sidang MPL PGI 2017. “Saya sengaja datang hari ini, karena ingin berterimakasih dan berbicara langsung dengan pimpinan gereja. Tahun lalu di Parapat saya tidak bisa hadir. Ke depan kementerian agama akan terus membuka diri untuk bekerjasama dengan gereja,” tutupnya sebelum memukul gong sekaligus menandai dibukanya Sidang MPL PGI 2017 Salatiga, Jawa Tengah.

Komentar Facebook
http://warningtime.com/wp-content/uploads/2017/01/lukman6.jpghttp://warningtime.com/wp-content/uploads/2017/01/lukman6-150x150.jpgadminwarningtimeIndonesiaMenteri Agama Republik Indonesia Lukman Hakim Saifuddin menegaskan bahwa tidak ada satupun agama menjadi sumber konflik. Hal itu disampaikan pada pembukaan Sidang Majelis Pekerja (MPL) PGI di Balairung UKSW Salatiga, Jumat (27/1/). Karena itu Lukman mengajak pimpinan gereja yang hadir dalam sidang MPL PGO untuk mengedepankan kembali substansi agama...Mengungkap Kebenaran