Jakartawarningtime – Diklat Hukum dan Hak Azasi Manusia yang diselenggarakan atas kerjasama PGLLI, PPHKI, MNDC dan ELHAM berlangsung Jumat-Sabtu (3-4/11/2017) di Hotel Pitagiri, Jakarta Barat. Dalam diklat menampilkan pembicara Pdt Dr Ronny Mandang, Posma Rajagukguk, SH, Pdt Dr Andreas A Yewangoe, AKBP Roberto Pasaribu dan Albert Aries, SH, MH.

Adapun sesi pertama yang mengangkat topik Kebebasan Beragama di Indonesia menampilkan Pdt Dr Ronny Mandang, dipandu Hasudungan Manurung, SH, MH.

Menurut Ketua Umum PGLII ini, hubungan agama dan negara jika di deklar dipermaklumkan harus dikombine dengan deklarasi yang berisi tanggung jawab, jika tidak maka akan terjadi benturan. Hubungan seperti harus diperkuat.

Kedua, klaim keselamatan dan kebenaran seharusnya menjadi klaim kedamaian dan koefiensi. “Artinya bisa hidup damai dan berdampingan dengan agama lain,” paparnya.

Lebih jauh, Pdt Dr Ronny Mandang menegaskan bahwa agama bukan berarti harus menjadi onderbow pemerintah tetapi kembali kehubungan tanggung jawab. Mandang juga menyoroti bahwa hubungan umat beragama di Indonesia dengan pemerintah.

Faktanya sekarang ini bukan saja pelarangan tempat ibadah, tapi kegiatan persekutuan dan bakti sosial sudah bisa disorot bahkan dilarang. Desakan umat gereja-gereja di Papua menuntut untuk mengganti tanah damai menjadi tanah Injil demi mempertahankan sejarah Papua.

Namun kritik ke dalam juga dilontarkan oleh Ronny Mandang bahwa dalam KKR dan Siaran Radio sudah terjadi juga settingan mukjizat, dengan menyuruh orang untuk mengaku menerima kesembuhan dan kepenuhan Roh Kudus.

“Sekarang jangan sampai gereja menjadi predator terhadap gereja lainnya, dan manupulasi anggotanya. Ini akan dibahas juga, apakah kita sudah menghargai kebebasan sesuai dengan konstitusi,” tukasnya mengingatkan

Komentar Facebook
http://warningtime.com/wp-content/uploads/2017/11/20171103_105849-1024x576.jpghttp://warningtime.com/wp-content/uploads/2017/11/20171103_105849-150x150.jpgadminwarningtimeHomeJakartawarningtime – Diklat Hukum dan Hak Azasi Manusia yang diselenggarakan atas kerjasama PGLLI, PPHKI, MNDC dan ELHAM berlangsung Jumat-Sabtu (3-4/11/2017) di Hotel Pitagiri, Jakarta Barat. Dalam diklat menampilkan pembicara Pdt Dr Ronny Mandang, Posma Rajagukguk, SH, Pdt Dr Andreas A Yewangoe, AKBP Roberto Pasaribu dan Albert Aries, SH, MH. Adapun sesi...Mengungkap Kebenaran