Jakartawarningtime – Rapat Kerja Nasional Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) dibuka secara resmi Menteri Agama Dr Lukman Hakim Saifuddin di GBI Mawar Sharon, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (7/11/2017) siang.

Pada kesempatan itu, Dr Lukman Saifuddin mengucapkan selamat kepada PGPI dan seluruh peserta rapat kerja yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional PGPI 2017.

“Gereja aliran Pentekostal memiliki sumbangsih besar bagi Indonesia. Karena itu dalam Rapat Kerja diharapkan keputusan dan program terbaik, yang tidak hanya untuk umat Pantekosta saja tapi untuk kebaikan rakyat Indonesia,“ kata Lukman Saifuddin.

Selanjutnya, kata Menteri Agama, pada dasarnya semua agama yang adalah untuk menjaga harkat dan martabat manusia, bukan untuk konflik. Karena itu agama harus dikembalikan ke substansi dan esensi yang sesungguhnya.

“Kita harus waspada dan berhati-hati, jangan karena kefanatikan akan agama kita, barangkali karena keterbatasan pengetahuan, kurang paham sehingga kerap melahirkan kefanatikan agama yang dianut, ketika melihat yang lain, agamanya berbeda itu harus sama dengan kita. Itu harus dihindari,” ujarnya mengingatkan.

Terkadang, sambungnya, karena kefanatikan seringkali kita menggunakan cara kekerasan. Kalau itu yang terjadi kita telah mengingkari substansi ajaran agama.

“Saya meyakini setiap agama mengajarkan yang baik, seperti agama Kristen umatnya harus mampu mengajarlan kasih kepada sesama. Pun yang lain, seperti Islam juga identiknya dengan salam dan damai. Demikian juga Hindu dengan darma mengajarkan kebajikan bagi semua,” paparnya.

Lukman menegaskan agama memang bicara hubungan umat dekat dengan Tuhan. Walau demikian esensi yang tak kalah penting juga bagaimana kita menempatkan diri dalam lingkungan menyangkut hubungan sesama.
Kita harus melihat sisi dalam agama karena sisi luar bicara formal, seperti peribadatan dan ritual agama pasti berbeda. Agama dari sisi dalam, bicara esensi kebenaran, misalnya mengajarkan jangan menipu, jangan bohong dan lainnya, semua sama.

“Saya mengajak kita melihat agama dari sisi dalam. Itu juga pendahulu kita pegang terkait esensi kemajemukan pancasila diilhami agama. Dengan demikian dalam konteks ini kita harapkan gereja pentakostal tetap memberikan sumbangan yang besar,” kata Lukman sembari mengucapkan selamat atas Rapat Kerja Nasional PGPI 2017.

Sebagai tanda dibukanya Rapat Kerja, Dr Lukman Saifuddin memukul gong didampingi oleh Pdt Dr Jacob Nahuway selaku Ketua Umum PGPI. Tampak hadir, Dirjen Bimas Kristen Prof Thomas Pentury, Ketua PGLLI Dr Ronny Mandang dan Ivan Rinaldi dari PGI.

 

Komentar Facebook
https://warningtime.com/wp-content/uploads/2017/11/20171107_144451-1024x576.jpghttps://warningtime.com/wp-content/uploads/2017/11/20171107_144451-150x150.jpgadminwarningtimeHomeJakartawarningtime – Rapat Kerja Nasional Persekutuan Gereja-Gereja Pantekosta Indonesia (PGPI) dibuka secara resmi Menteri Agama Dr Lukman Hakim Saifuddin di GBI Mawar Sharon, Kelapa Gading, Jakarta, Selasa (7/11/2017) siang. Pada kesempatan itu, Dr Lukman Saifuddin mengucapkan selamat kepada PGPI dan seluruh peserta rapat kerja yang hadir dalam Rapat Kerja Nasional PGPI...Mengungkap Kebenaran