Warningtime.com Jakarta – Sinode GPIB telah mengeluarkan surat rekomendasi satu-satunya kepada Pdt Dr Manuel Raintung untuk maju di Sidang Raya Sumba 8-13 di Waingapu, Sumba di NTT. Demikian diungkapkan Ketua Umum PGI Wilayah DKI ini dalam konperensi pers di Kantor PGIW Senin (4/11/2019).

“Saya sendiri akan maju sebagai sekretaris umum atau wakil sekretaria umum. Saya sudah menghadap ketua sinode GPIB dan saya dipercayakan maju mewakili GPIB. Dan memang yang dipilih kan pertama yang kerja full timer,” paparnya.

Menurutnya, orang-orang berperan penting di gereja harus di dorong untuk keluar untuk lebih berpartisipasi. Kondisi saat ini memang Sidang Raya lebih banyak membicarakan pemilihan pimpinan sementara masih banyak bidang lain yang sama pentingnya.
Sepengetahuannya, yang beredar dalam bursa pencalonan untuk calon ketua umum hanya tiga orang. Berbeda dengan untuk posisi sekum ada 7 orang.

Diakuinya di PGI ini ada tradisi yang bisa disebut bisa positif dan negatif. Misalnya perempuan itu berjuang harus ada yang fulltimer sekarang ada 2 full timer. Sekarang ada mengarah perempuan untuk memperjuangkan sekretaris umum.

“Saya pikir juga baik juga untuk perempuan untuk sekum. Setelah berkonsultasi dengan banyak orang saya lebih memutuskan untuk wakilsekum. Saya sekarang dukung 100 persen karena sebeljmnya dua kali sidang raya, 2009 dan 2014, jadi saya dua kali maju tak mendapat dukungan penuh. Ini kesempatan mendapat dukungan penuh dari GPIB,” ujarnya.

Ditambahkan Raintung bahwa sebelumnya ada dukungan lain, lebih dari satu orang. Kalau rekomendasi gereja sampai lebih dari satu bisa disebut “serakah”. Artinya harus mendorong serius satu orang terbaik.

“Saya dua perode sebagai sekretaris umum PGIW dengan penuh waktu, dan saya rela keluar untuk penuh. Harus kehilangan fasiltas. Salah kalau di PGI mendapat kesejahteraan tapi harus berani memberi sumbangsih. Kalau cari kesejahteraan tidak harus di gereja di luar,” jelasnya pria yang pernah menjadi pengurus PGIW Jawa Timur dan sudah melayani 30 tahun di gereja.

Kalau toh, kalau tidak terpilih, ya memang proses pencalonan itu, mengapa agak keras dan alot juga. Mengapa bisa seperti ini, mengejar nama baik di PGI ya, kalau yang lain-lain tidak karena memang harus memberi waktu lebih.

Momentum persiapan Sidang Raya PGI Sumba sangat penting. PGI memang hadir di kota-kota kecil sebagai gereja, pemerintah dan masyarakat internasional untuk memberi perhatian. Yang kedua, persidangan raya 17 ini kehadiran gereja terbukti diandalkan dalam membangun masyarakat dan bangsa dan negara. Dengan tema mengedepankan Pancasila dan implementasinya dengan kepedulian membela kemiskinan.

Dari Sidang Raya di Nias, SUMUT tema “Diangkat dari Samudera Raya” ke Sumba, NTT  “Aku yang Awal dan yang Akhir”. Gereja-gereja ke depan berjalan demgan keimanan yang kuat. Menghadapi tantangan radikalisme gereja punya cara dengan tidak membalas kekerasan dengan kekerasan tapi dengan kasih.

Komentar Facebook
https://warningtime.com/wp-content/uploads/2019/11/20191104_144838-1024x566.jpghttps://warningtime.com/wp-content/uploads/2019/11/20191104_144838-150x150.jpgadminwarningtimeFokusHomeWarningtime.com Jakarta – Sinode GPIB telah mengeluarkan surat rekomendasi satu-satunya kepada Pdt Dr Manuel Raintung untuk maju di Sidang Raya Sumba 8-13 di Waingapu, Sumba di NTT. Demikian diungkapkan Ketua Umum PGI Wilayah DKI ini dalam konperensi pers di Kantor PGIW Senin (4/11/2019). “Saya sendiri akan maju sebagai sekretaris umum...Mengungkap Kebenaran